5 Tips Membiasakan Diri Berbahasa Inggris


"Tahun baru ada resolusi atau rencana baru dong pastinya? Salah satu resolusimu tahun ini adalah lolos TOEFL/IELTS? Sudah menemukan tempat kursus bahasa Inggris tapi belum juga paham dan malah njelimet?"

          Tahun baru ada resolusi atau rencana baru dong pastinya? Salah satu resolusimu tahun ini adalah lolos TOEFL/IELTS? Sudah menemukan tempat kursus bahasa Inggris tapi belum juga paham dan malah njelimet? Mungkin itu tandanya kamu perlu tempat les yang baru nih! Buat kamu yang ada di Surabaya, beberapa english course seperti EF Education First,TAF English , dan British Council Surabaya mungkin dapat membantumu mempelajari bahasa Inggris lebih baik. Namun, dalam mempelajari sebuah bahasa entah di lembaga sebagus apapun kamu belajar, apabila kamu tidak membiasakan diri untuk menggunakannya maka hal tersebut tidak berpengaruh besar terhadap ke ahlianmu berbahasa Inggris, sob. Nah untuk itu kita akan bagi tips kebiasaan apa saja yang bisa membantumu untuk memahami bahasa Inggris dengan cepat dan mudah agar uang dan tenaga yang kamu keluarkan untuk belajar bahasa Inggris di suatu lembaga kursus tidak sia-sia.

  1. Dengarkan musik berbahasa Inggris

              Semua orang pasti suka mendengarkan musik terlebih para generasi millenial yang serba gadget. Mendengarkan musik melalui aplikasi Spotify, Joxx, iTunes atau yang lain pasti hampir setiap hari. Hidup tanpa lagu mungkin seperti masak tapi tidak pakai bumbu, aneh dan merasa ada yang kurang. Nah untuk kamu yang ingin menambah bumbu-bumbu agar bahasa Inggrismu lebih mantap, mendengarkan musik berbahasa Inggris dapat membantumu menambah vocabulary dan melatih pronounciation apabila kamu mencoba untuk menyanyikannya. Selain itu, dengan menyanyikan lagu-lagu yang memiliki lirik berbahasa Inggris juga dapat melatih suaramu dan kepercayaan dirimu untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris.

  2. Baca buku-buku bahasa Inggris selain buku pelajaran

              Tidak ada orang sukses didunia ini yang tidak suka membaca. Kalau kamu ingin sukses dan lancar berbahasa Inggris, cobalah untuk membaca buku-buku sastra bahasa Inggris. Mempelajari buku sastra Inggris tidak hanya akan menambah vocabulary tapi juga akan membantumu mengerti struktur bahasa atau grammar dan budaya masyrakat Inggris pada zamannya. Tidak perlu yang berat-berat, cukup buku bacaan sastra Inggris anak-anak atau buku lainnya seperti komik atau genre buku apapun yang kamu sukai asal menggunakan bahasa Inggris.

  3. Menonton film

              Menonton film sambil belajar bahasa Inggris, kenapa engga? Banyak banget film-film luar negeri yang bagus-bagus secara visual, plot, atau yang lain. Apabila kamu sering menonton film, cobalah menggunakan subtitle bahasa Inggris terlebih dahulu dan dengarkan bagaimana cara mereka mengucapkan kata-kata atau kalimat yang ada. Selain mendapatkan vocabulary yang baru, dengan cara ini kamu juga dapat belajar aksen bahasa Inggris tiap orang dan siapa tahu dengan hobi menonton film ini dapat mengantarkanmu menjadi seorang translator film.

  4. Gunakan bahasa Inggris digawai

              Salah satu hal yang paling gampang untuk kamu belajar bahasa Inggris adalah dengan menggunakan bahasa Inggris pada gawaimu. Di zaman seperti ini rasanya mustahil apabila seseorang tidak menggunakan gawai setiap saat. Apabila kamu belum memprogram bahasa Inggris di gawaimu mungkin saat ini kamu harus mengubahnya menjadi bahasa Inggris. Dengan begitu kamu akan menemukan kata-kata bahasa Inggris yang mungkin sepele tapi akan berdampak besar dengan kemampuan bahasa Inggrismu. Ketika kamu membuka gawai dan menggunakannya setiap hari dengan bahasa Inggris, kamu pasti akan terbiasa dengan bahasa Inggris.

  5. Belajar TOEFL/IELTS setiap 2 jam seminggu sekali

              Mendapatkan skor TOEFL/IELTS yang sesuai dengan target yang kita inginkan memang hal tidak mudah terlebih apabila jadwal sekolah/kuliah/kerja cukup padat. Setiap hari Minggu misalnya, luangkanlah waktu selama 2 jam untuk fokus mengerjakan soal-soal latihan TOEFL/IELTS agar target yang kamu impikan terwujud dan tidak hanya sebatas angan-angan. Semakin cepat kamu memperoleh skor TOEFL/IELTS yang diatas rata-rata maka semakin aman posisimu apabila ingin mendaftarkan diri untuk ke perguruan tinggi, apply beasiswa, atau yang lainnya. Semakin sering kamu meluangkan waktu untuk belajar, semakin besar kemungkinanmu untuk meraih skor TOEFL/IELTS

SHARE KE TEMANMU!