Dunia internet diciptakan untuk mempermudah manusia dalam mencari sesuatu. Salah satunya adalah ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tidak selalu didapatkan di lingkungan akademik; seperti sekolah, kursus, lembaga belajar, dll. Internet sendiri menyediakan beberapa website khusus ilmu pengetahuan. Berikut adalah website yang kurang populer dikalangan pelajar maupun masyarakat:

  1. Ars Techinca (arstechnica.com)

Website ini membahas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara yang cerdas dan mendalam, juga bagaimana hubungan dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari dan peradaban manusia.

  1. Atlas Obscura (atlasobscura.com)

Website ini mengajak kita menjelajahi keajaiban-keajaiban dari dunia modern. Segala macem sejarah, arkeologi, gastronomi, bahkan ada tripnya juga. Yang paling keren adalah atlas dengan 14.266 lokasi tersembunyi.

  1. BBC Science (bbc.com/news/science_and_environment)

Pembahasan science disini mencakup semua dari bumi dan segala alam semesta beserta isinya, dikemas ringkas tapi mengena. Dengan membaca judul artikelnya, kita bisa memahami isi artikelnya.

  1. Chemistry World (chemistryworld.com)

Pernah mendengar kasus ahli kimia yang tertakap karena mencuri dan membuang sianida ke saluran pembuangan di pinggir jalan? Nah di website ini, kasus tersebut dibahas detail investigasinya. Selain itu juga terdapat artikel yang membahas hal unik mengenai kimia.

  1. Futurism (futurism.com)

Sesuai dengan judulnya, website ini berfokus pada sains dan teknologi yang akan mengubah bentuk masa depan. Seperti robot hingga fisika partikel.

  1. Gizmodo (gizmodo.com)

Website ini berisi tentang science yang paling kritis dan offensive, namun dengan sudut pandang yang berbeda namun menarik.

  1. National Geographic (nationalgeographic.com)

Mungkin website ini cukup dikenal masyarakat, website ini tidak pernah kehabisan cara untuk menyajikan hal-hal menarik. Selain menyenangkan untuk dibaca, website ini juga memanjakan mata. Website ini cukup kompleks dengan hasil kerjasama antara jurnalis, petualangan, dan juga fotografer.

  1. NPR Science (npr.org/sections/science/)

Keunikan website ini adalah audio dan animasinya. Pembahasan di dalamnya juga cukup lebar dan luas, mulai dari pertanyaan sains hingga psikologis.

  1. Pacific Standard (psmag.com)

Sesuai namanya, website ini dikemas dengan model majalah. Sehingga ringan untuk dibaca. Pembahasannya mencakup economy, education, environment, dan social justice.

  1. Quanta Magazine (quantamagazine.com)

Majalah online ini berisikan keajaiban-keajaiban sains secara jelas. Mulai dari fisika, matematika, biologi, dan ilmu komputer.

  1. Smithsonian (smithonianmag.com)

200 tahun yang lalu, Smithsonian Institute didirikan yang kemudian menjadi sebuah museum dan lembaga penelitian kelas dunia. Di dalamnya terdapat artikel sejarah, keindahan alam, budaya, bahkan games seperti sudoku.

  1. Scientific American (scientificamerican.com)

Majalah ini merupakan majalah amerika tertua, dengan Albert Einstein yang pernah menjabat menjadi konstributornya. Majalah ini menyajikan sains, budaya, kebijakan bahkan hubungan ketiganya.

  1. Space (space.com)

Bagi kalian yang tertarik dengan dunia astronomi dan penjelajahan luar angkasa, sangat dianjurkan untuk mengunjungi website ini. Ada pembahasan mengenai proyek Elon Musk, Teori Black Hole, Gerhana Matahari, Alien, hingga film star trek.

  1. The Guardian Science (theguardian.com/science)

Merupakan salah satu bagian dari majalah guardian yang sangat cocok dibaca pada akhir pekan. Kita bisa memilih artikel yang ditulis secara detail atau hanya membaca perkembangan sederhana mengenai kesehatan, perubahan iklim, cuaca, dll.

  1. Vox (vox.com)

Artikel di website ini tidak sekedar artikel yang hanya mengandung 5W1H, namun juga membahas latar belakang dari berbagai topik bahasannya. Hebatnya, website ini memiliki beragam  infografik yang bisa divisualisasikan dengan isu-isu secara lengkap.

 

  1. Wired (wired.com)

Website ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, dengan bahasa yang unik seperti seseorang yang sedang bercerita tentang rahasianya. Ada tulisan perihal perkembangan teknologi, kejadian saat ini, hingga mendeteksi akun palsu pada sosmed facebook.

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>