Bahasa Inggris merupakan bahasa asing bagi kita. Meski kita sudah mempelajarinya sejak sekolah dasar, sebagian besar dari kita masih terpengaruh pola tata Bahasa Indonesia ketika membuat kalimat atau frase dalam bahasa Inggris. Kecenderungan inilah yang membuat bahasa Inggris kita terdengar sedikit kaku dan “beraroma” bahasa Indonesia. Misalnya saja, ketika kita ingin mengatakan “sangat marah” dalam Bahasa Inggris, maka kita cenderung untuk mengatakan “very angry”. Padahal nih Taffers, ada diksi alternatif yang bisa kita gunakan untuk menghindari penggunaan kata “very” agar Bahasa Inggris kita terdengar sophisticated. Nah, kali ini kita akan membahas diksi-diksi yang bisa digunakan untuk mengganti kata very agar bahasa Inggris kita terdengar lebih ‘wow’.

1. Famished

Siapa yang masih sering menggunakan frase “very hungry” untuk menggambarkan kondisi sangat lapar? Nah, mulai saat ini kalian harus menghindari penggunaan kata very ini nih Taffers dan menggantinya dengan kata “famished” yang bermakna sama, yakni sangat lapar. Jadi, ketika kalian ingin mengatakan kalian sangat lapar, cukup katakan “I’m famished”. Bagaimana? Terdengar lebih keren bukan?

2. Furious

Sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk mengatakan “very angry” ketika kita sedang merasa sangat marah pada seseorang atau suatu hal. Well, frase “very angry” ini bisa diganti dengan kata furious yang memiliki arti sangat marah. Lebih singkat, lebih akurat, dan lebih keren. Bagaimana Taffers? Yakin masih mau memakai kata very?

3. Hideous

Kata hideous ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatakan kata sangat jelek atau sangat buruk. Jadi, dari pada menggunakan frase very bad ada baiknya frase tersebut diganti dengan kata hideous yang nampak lebih kekinian.

4. Freezing

Memasuki musim penghujan, suhu udara disekitar kita cenderung menurun drastis. Ada kalanya ketika malam hari atau dini hari kita merasa sangat kedinginan. Nah umumnya, kita cenderung mengatakan “very cold” untuk menggambarkan kondisi ini. Padahal ada diksi tunggal yang bisa digunakan untuk mengatakan ‘sangat dingin’ dalam bahasa Inggris loh. Yap, cukup menggunakan satu kata “freezing”, maka kalian tidak perlu lagi menggunakan kata very. Mudah bukan?

5. Anxious

Selama ini banyak diantara kita yang masih menggunakan frase very worried’ untuk menggambarkan perasaan sangat khawatir pada seseorang atau suatu hal. Nah, mulai sekarang kalian harus berhenti menggunakan kata very worried dan menggantinya dengan kata anxious yang memiliki makna sama yakni sangat khawatir.

Bagaimana Taffers? Yakin masih mau memakai kata very walaupun ada kata yang lebih keren, lebih kekinian, lebih ringkas, dan lebih tepat? Nah, mulai sekarang ayo hindari menggunakan kata very dan menggantinya dengan diksi-diksi yang lebih sesuai. Cukup mengganti kata very dan dengan begitu Bahasa Inggris kita akan terdengar lebih keren dan lebih meyakinkan. Begitu Taffers. Mudah bukan? Yuk mulai memakainya dari sekarang!

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>