TOEFL merupakan salah satu test kemampuan berbahasa Inggris yang paling penting dan biasanya menjadi syarat masuk universitas serta syarat kelulusan. Tes TOEFL pada umumnya terdiri dari 3 bagian, yakni listening, structure and written expressions dan reading. Bagi sebagian besar orang, bagian yang dianggap paling sulit adalah bagian listening karena pada bagian ini kita diharuskan untuk menjawab soal berdasarkan monolog dan dialog yang kita dengar dari audio. Yang menjadi pokok permasalahan disini adalah speakers dalam percakapan tersebut adalah penutur asli Bahasa Inggris atau native speakers, sehingga bagi mereka yang belum terbiasa mendengar percakapan dalam Bahasa Inggris akan kesulitan untuk mengikuti dan mengerti jalannya percakapan.

Bagi kamu yang sudah pernah ambil TOEFL beberapa kali, tapi nilaimu belum memuaskan, khususnya di bagian listening, worry not!

Karena kali ini TAF Updates akan memberikan tips dan trik menjawab soal listening dengan mudah sehingga kalian bisa mendapatkan nilai TOEFL yang memenuhi syarat.

Kenali petunjuk soal

Soal listening dibagi menjadi 3 bagian, yakni Part A, Part B, dan Part C. Nah, dalam tiap-tiap bagian ini akan ada direction atau arahan mengerjakan soal yang akan dibacakan oleh native speaker di audio. Faktanya, kata-kata yang diucapkan oleh native speaker dalam direction ini hampir sama loh di setiap test TOEFL. Jadi, ada baiknya jika kalian telah mengetahui dan familiar dengan direction tersebut sebelum mengikuti tes TOEFL sehingga ketika direction sedang dibacakan kalian bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk membaca pilihan jawaban sebanyak-banyaknya dan menebak kira-kira apa pertanyaan untuk pilihan jawaban tersebut.

Alokasikan waktu untuk melihat pilihan jawaban

Waktu untuk menjawab setiap pertanyaan dalam listening comprehension sangatlah singkat. Kalian hanya punya waktu tidak lebih dari 8 detik per-soalnya. Untuk soal listening, penting sekali membaca semua pilihan jawaban, jadi Taffers bisa memprediksi konteks pembicaraan apa yang akan kalian dengarkan. Jadi, usahakan untuk membagi waktu antara mengarsir bulatan pada kertas jawaban dan membaca pilihan jawaban pada soal selanjutnya agar kita bisa mengira-ngira pertanyaan serta jawaban yang benar dari soal tersebut.

Hindari bunyi kata yang sama

Hayo ngaku siapa yang biasanya memilih jawaban yang mengandung kata dengan bunyi yang sama seperti yang didengar di audio? Well, sudah menjadi kecenderungan bagi kita ketika menghadapi soal-soal dalam listening comprehension untuk memilih jawaban dengan bunyi kata yang sama seperti yang kita dengar dalam audio. Eits, ternyata hal itu bisa saja jebakan yang sengaja dibuat oleh sang pembuat soal untuk mengecoh kita loh Taffers. Lalu, bagaimana caranya menghindari jebakan itu? Mudah sekali! pilihlah jawaban yang paling berbeda atau restatement dari kata yang kalian dengar di audio. Misalnya kalian mendengar kata job dalam audio dan ada kata occupation di pilihan jawabannya, kemungkinan pilihan inilah yang benar. Oleh sebab itu, penting untuk mengalokasikan waktu untuk membaca jawaban sebelum soal dibacakan agar kita bisa mencocokkan prediksi kita dengan pertanyaannya nanti.

Pastikan semua jawaban terisi

Usahakan untuk mengisi semua soal pada lembar jawaban ya Taffers. Ingat! dalam TOEFL tidak ada pengurangan skor meskipun jawaban kalian salah. Jadi, ingatlah untuk selalu mengisi jawaban pada tiap-tiap soal meskipun kalian merasa ragu dengan jawaban kalian. Siapa tahu kalian beruntung dan ternyata jawaban kalian benar, hehe

 

Tidak bisa dipungkiri, pendampingan dari lembaga profesional serta tenaga pengajar profesional sangatlah berpengaruh pada peningkatan kemampuan TOEFL kita. Oleh karena itu, penting banget nih Taffers untuk menemukan lembaga atau tenaga profesional yang tepat dan tidak kaku atau istilahnya yang fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan waktu luang kalian.

Nah, jika kalian mencari lembaga profesional yang tepat untuk mendampingi kalian dalam belajar TOEFL atau jika kalian mencari lembaga bimbingan Bahasa Inggris yang tidak kaku dan menyesuaikan dengan gaya belajar muridnya, TAF English adalah tempatnya!

Ayo kunjungi tafenglish.co.id atau hubungi 082123481981 dan buktikan serunya belajar yang fun and flexible yet still goal-oriented bersama TAF English.

 

Share with: