Menjadi mahasiswa sastra Inggris merupakan impian beberapa orang, namun ada juga orang yang  enggan mengambil jurusan ini karena beberapa alasan.  Sastra Inggris menjadi salah satu pilihan favorit  pelajar di Indonesia. Jurusan yang berhubungan dengan bahasa merupakan jurusan  yang populer di Indonesia. Sastra Inggris atau English Literature adalah  jurusan bahasa yang  bisa kamu ditemui di berbagai perguruan tinggi  negeri atau swasta di Indonesia. Banyak pelajar SMA atau SMK  setelah lulus ingin  melanjutkan kuliah di jurusan ini, namun banyak juga pelajar yang tidak berani mengambil jurusan ini. Katanya lulus jurusan sastra Inggris akan susah  mendapatkan  pekerjaan  atau beberapa alasan lainnya. Sebenarnya, banyak mitos yang membuat salah presepsi orang mengenai jurusan Sastra Inggris, nah berikut 5 mitos yang perlu kamu tahu tentang jursan sastra Inggris.  

  1. Tidak Harus Jadi Sastrawan

Karena label jurusan sastra, bukan berarti kamu setelah lulus nanti menjadi seorang sastrawan atau pujangga. Mitos pertama ini yang perlu kamu hapus dari otakmu. Lulusan sastra Inggris berpeluang berkarir di berbagai bidang yang mereka minati. Bagi kamu yang suka menulis bisa menjadi penulis buku, konten website, konten blog, dan lain sebagainya. Kamu bisa menjadi editor di penerbit buku atau media. Lulusan  sastra Inggris juga memiliki kesempatan besar untuk berkarir di bidang public relation,  karena dibutuhkan ketrampilan berbahasa Inggris yang baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kamu juga bisa berkarir bidang penterjemahan, media, dan pendidikan.

  1. Skripsi Bukan Menulis Novel

Banyak orang yang mengatakan bahwa tugas akhir skripsi mahasiswa Sastra Inggris menulis novel.  Bukan menulis novel, tapi menganalisis novel. Tapi tak hanya itu saja, ada juga yang menganalisis puisi, drama, cerita pendek, atau bahkan film. Skripsi mahasiswa sastra Inggris ada beragam macam tergantung penjurusannya. Bagi kamu  mengambil penjurusan sastra, ya skripsinya mengenai analisis novel atau karya sastra lain dengan teori-teori sastra seperti teori psikoanalisis, teori struktural, teori feminisme, dan  yang lainnya. Sedangkan bagi kamu yang mengambil linguistik, ya skripsinya akan lebih menganalisis karya sastra dari segi ilmu bahasanya.

  1. Hanya Belajar Tentang Literature (Sastra)

Mahasiswa sastra Inggris tidak hanya belajar tentang literature atau sastra. Kamu akan menemui di  berbagai perguruan tinggi akan akan dibagi menjadi beberapa penjurusan seperti sastra, linguistik, dan penerjemahan. Bagi mahasiswa jurusan sastra Inggris yang mengambil penjurusan sastra akan lebih fokus mempelajari tentang literatur baik itu novel, cerita pendek, puisi, atau drama. Sedangkan bagi kamu yang ingin mengambil penjurusan linguistik akan  mempelajari lebih banyak tentang kebahasaan.

  1. Bukan Untuk Orang Yang Awam Bahasa Inggris

Banyak yang beranggapan bahwa jurusan Sastra Inggris merupakan solusi agar bisa lancar berbahasa Inggris. Bagi kamu yang belum bisa bahasa Inggris sama sekali atau cuma bisa bahasa Inggris dasar,  jangan memilih sastra Inggris. Karena untuk menjadi mahasiswa sastra Inggris kamu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris agar menunjang saat perkuliahan, jika kamu belum mempunyai skill ini akan menghambat proses belajarmu nanti.

  1. Tidak Semua Ahli Penerjemah

Seringkali mahasiswa sastra Inggris diminta untuk menerjemahkan tugas oleh temannya. Mereka beranggapan bahwa kuliah di jurusan Sastra  Inggris bisa menterjemahkan. Menterjemahkan teks bahasa Inggris ke bahasa Indonesia itu bukan hal yang mudah. Jadi, jangan menganggap semua mahasiswa sasing bisa menterjemahkan teks dengan mudah.  Mengubah teks berbahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia yang baik dan benar itu susah. Apalagi jika ada istilah-istilah di bahasa Inggris yang tidak ada terjemahannya di bahasa Indonesia.

Bagimana? Sudah tercerahkan dengan mitos tentang bahasa Inggris? Bagi kamu yang berminat kuliah di jurusan Sastra Inggris, persiapkan diri mulai dari sekarang mulai sekarang. Belajar bahasa Inggris lebih dalam, asah kemampuanmu. Kamu bisa memilih kursus bahasa Inggris untuk membantu meingkatkan skill bahasa Inggrismu. Nah, TAF English siap membantu untuk mewujudkanmu untuk kuliah di jurusan favorit ini! Tunggu apalagi? Do it now!

Share with: