Sudah Pernah Tahu Kaidah Pengucapan Dalam Bahasa Inggris ? Yuk Belajar Phonology!

Bunyi ucapan dalam bahasa Inggris modifikasi pengaliran udara yang dikeluarkan dari paru-paru melalui oral atau rongga nasal. Selain itu, bunyi dibuat menggunakan pulmonic ergressive airstream mechanism. Nah, bagaimana proses bunyi itu dibuat? Dimana tempat bunyi itu buat? Termasuk bunyi voiced atau voiceless? Tiga hal ini akan dipelajari dalam Phonology. Apa sih phonology itu?

Phonology adalah ilmu  yang mempelajari tentang suatu sistem dalam bahasa. Ilmu ini merupakan salah satu cabang linguistik yang berkaitan dengan cara pengucapan bahasa. Secara harfiah fonologi terdiri dari gabungan kata fon yang berarti bunyi dan logi yang berarti ilmu.Sedangkan  dalam khazanah bahasa Indonesia, istilah fonologi merupakan turunan kata fonologie (bahasa Belanda).

Ada dua macam fonologi yaitu fonetik dan fonemik. Apa bedanya kedua istilah ini? Fonetik adalah ilmu mempelajari bagaimana bunyi-bunyi fonem sebuah bahasa dilafalkan. Sedangkan fonetik ilmu mempelajari cara kerja organ tubuh manusia, terutama yang berhubungan dengan penggunaan dan pengucapan bahasa. Jadi, fonetik adalah bagian fonologi yang mempelajari cara menghasilkan bunyi bahasa atau bagaimana suatu bunyi bahasa diproduksi oleh alat ucap manusia. Sedangkan,fonemik adalah bagian fonologi yang mempelajari bunyi ujaran menurut fungsinya sebagai pembeda arti. Perhatikan penjelasan berikut ini.

  1. Apa Fungsi Phonology?

Mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai pentingnya mempelajari ilmu bahasa ini. Ada tiga hal yang akan kamu pelajari dalam ilmu bahasa ini yaitu, mengetahui perubahan bunyi suara pada suatu kata, mempelajari tentang proses pembentukan bunyi dan pengucapannya, dan mempelajari cara kerja organ tubuh manusia terutama yang berhubungan dengan penggunaan bahasa.

  1. Bagimana Aturan Dalam Phonology ?

Sebelum kamu mempelajari ilmu bahasa ini, kamu harus mengetahui aturan-aturan dalam phonologi.

–   Phonetic

Phonetic adalah ilmu yang mempelajari bagaimana sesuatu bunyi yang dihasilkan oleh manusia secara benar.

–   Alat ucap

Organ pada tubuh manusia yang berfungsi dalam pengucapan bunyi bahasa yaitu paru-paru, laring, faring, rongga hidung, rongga mulut, bibir, gigi, lidah, alveolum, palatum, velum, dan uvula.

Nah, alat ucap ada dua macam  yaitu artikulator pasif (voiceless) dan artikulator aktif (voiced). Artikulator pasif adalah organ-organ yang tak bergerak sewaktu terjadi artikulasi suara seperti bibir atas, gigi atas dan alveolum. Sedangkan artikulator aktif bergerak ke arah artikulator pasif untuk menghasilkan berbagai bunyi bahasa dengan berbagai cara. Artikulator aktif utama adalah lidah, uvula, dan rahang bawah (termasuk gigi bawah dan bibir bawah).

–   Proses fonasi

Fonasi atau proses bersuara merupakan suatu proses pita suara di tenggorokan menghasilkan bunyi. Nah, ada dua macam suara yang dihasilkan yaitu vokal dan konsonan.  Vokal adalah fonem yang dihasilkan dengan getaran pita suara. Nah, huruf vokal merupakan huruf yang dapat menghasilkan bunyi sendiri. Huruf vokal meliputi aiue, dan o. Huruf vokal sering pula disebut huruf hidup. Konsonan adalah fonem yang dihasilkan tanpa getaran pita suara.Huruf konsonan, merupakan huruf yang membutuhkan keberadaan huruf vokal untuk menghasilkan bunyi. Yang termasuk huruf konsonan adalah  bcdfghjklmnpqrstvwxy, dan z. Huruf konsonan sering pula disebut sebagai huruf mati.

  • Klasifikasi vocal

Klasifikasi vocal adalah  sebuah metode untuk menyusun data secara sistematis atau menurut beberapa aturan atau kaidah yang telah ditetapkan dalam mengelompokan vocal/suara .

–    Klasifikasi bahasa

Klasifikasi bahasa adalah  sebuah metode untuk menyusun data secara sistematis atau menurut beberapa aturan atau kaidah yang telah ditetapkan dalam mengelompokan bahasa.

  • Silabel

Silabel atau suku kata merupakan satu fonem atau lebih yang ditandai oleh satu puncak kenyaringan fonem yang terletak pada vokal.

Phonology merupakan bagian penting dari suara atau bunyi di dalam pengucapan bahasa, makanya kamu perlu mempelajari hal ini. Selain itu, phonology merupakan studi sistem organisasi yang setara dalambahasa isyarat. Setelah mempelajari ilmu bahasa ini, kamu akan mengetahui tata bunyi atau kaidah bunyi dihasilkan. Selain itu, kamu akan lebih mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris lebih fasih seperti native speaker.

Share with: