Plagiat atau plagiarism merupakan menggunakan hasil pekerjaan, gagasan, atau kata orang lain, dan menggangapnya  sebagai karya kita sendiri. Orang yang melakukan plagiat disebut plagiarist.  Nah, jangan sampai kamu melakukan hal ini ya guys, karena perbuatan ini sungguh tidak terpuji. Salah satu cara untuk menghindari plagiat  ketika mengambil informasi dari orang lain  dengan parafrase.  Apa itu parafrase? Simak penjelasan di bawah ini.

ketika kamu melakukan parafrase informasi, maka berarti kamu telah mengungkapkan gagasan menggunakan kata-kata dan struktur kalimat yang telah kamu susun sendiri. Ketika kamu melakukan parafrase informasi, maka kamu telah  menerjemahkan bahasa Inggris oleh penulis ke dalam bahasa Inggris dengan bahasamu sendiri.

Sebelum kita membahas begitu jauh, kita ketahui dulu apa yang dimaksud parafrase. Parafrase merupakan menuliskan kembali sebuah kata atau kalimat menggunakan kata-kata yang berbeda dengan sebelumnya. Ternyata parafrase juga akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu lho. Dengan kemampuan parafrase kamu akan lebih mudah memahami isi bacaan, percakapan dalam bahasa Inggris, dana mampu menjawab soal dalam TOEFL atau IELTS. Nah, ada beberapa acara untuk menuliskan kembali sebuah kalimat atau parafrase.

  1. Gunakan Sinonim

Sinonim adalah  Dua kata yang berbeda, namun mempunyai arti yang sama. Kamu bisa mengubah  beberapa kata dalam kalimat dengan sinonimnya. Ini adalah  metode yang paling dasar dalam parafrase. Jangan lupa untuk menggunakan  sinonim yang tepat.

Contoh:

Perempuan tua itu baik hati.

That old lady is amiable

That old lady is kind.

Dia tidak hanya rajin namun juga jujur.

He is not only diligent but also honest.

He is not only hardworking but also trustworthy.

Contoh sinonim dalam bahasa Inggris:

Amazing: astounding, surprising, stunning

Beautiful: attractive, pretty, lovely, stunning

Benefit: profit, revenue, yield

Kind: thoughtful, considerate, amiable, gracious

Lazy: idle, lackadaisical, lethargic, indolent

  1. Ubah Urutan Kata

Selain menggunakan sinomim, kamu bisa mengubah urutan kata dalam sebuah kalimat. Jangan lupa untuk tetap  memperhatikan dengan kaidah yang berlaku. Misalnya kamu bisa mengubah urutan kata pada kalimat majemuk. Kamu bisa  menukar anak kalimat dengan induk kalimat. Selain itu, parafrase bisa gabungan dari pengubahan urutan kata dalam kalimat dan menggunakan persamaan kata atau sinonim secara bersamaan.

Contoh:

Because it was raining, we couldn’t play outside (Karena hujan, kami tidak dapat bermain di luar ruangan).

We couldn’t play outside because it was raining (Kami tidak dapat bermain di luar ruangan karena hujan.

  1. Ubah Bentuk Kata

Bentuk kata merupakan jenis kata kerja, kata sifat, kata keterangan, dan lain sebagainya. Misalnya kamu mengubah kata kerja menjadi kata benda. Namun, perhatikan kaidah yang ada untuk menjaga arti kalimat tetap sama.

Contoh:

Sebuah penelitian tentang kesehatan manusia menyarankan kita untuk minum minimal delapan gelas air setiap hari.

A research on human health suggest that we should drink minimum eight glasses of water every day.

A research on human health is suggesting that we should drink minimum eight glasses of water every day.

  1. Gunakan Kalimat Aktif atau Kalimat Pasif

Kamu bisa melakukan parafrase dengan menggunakan kalimat aktif atau pasif.  Misalnya mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif, atau  mengubah kalimat pasif menjadi kalimat aktif.

Contoh:

Kalimat aktif (active sentence):

I make cake

Kalimat pasif (passive sentence):

Cake was maked by me

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>