Nah, kali ini TAF English ingin membahas level kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Ketika kamu mengikuti kursus  bahasa Inggris, kamu akan mendapatkan skor. Seringkali akan mendapatkan keterangan yang  menjelaskan arti skor tersebut . Hal ini dinyatakan sebagai level  bahasa Inggris  sepertti “beginner” atau “advanced”.

Ada banyak sistem  untuk menentukan  level bahasa Inggris di seluruh dunia. Tak hanya itu,  berbagai tes bahasa Inggris yang lebih beragam  itu memiliki sistem penentuan level implisit atau eksplisit di dalam penentuan  skornya. Nah, beberapa cara penentuan level bahasa Inggris diterapkan pada tes bahasa Inggris tertentu, sedangkan  yang lainnya berupa kerangka teoritis tanpa tes terkait. Daripada penasaran yuk simak penjelasan berikut.

  1. Speak A Little Understand Nothing

Pada tingkatan paling awal ini, kamu mungkin bisa berbicara bahasa Inggris sedikit-sedikit dan tidak mengerti jika ada seseorang yang berbicara dengan bahasa inggris. Jika ada seseorang yang lancar berbahasa Inggris, kamu jadi heran dan bingung dengan apa yang dia lagi ucapkan,  Kamu langsung berpikir “dia ngomongnya kecepetan dan  kata-katanya terlalu susah, gramamrnya ribet dan lain-lain.

  1. Understand More Than You Speak

Pada level ini kamu mengerti lebih banyak dibandingkan kalian berbicara. Nah ditingkat ini kamu sudah mulai mengerti jika ada seseorang yang lancar berbicara bahasa inggris. Kamu sudah tahu dia ngomongin apa, alurnya kemana tapi belum tentu kamu bisa membalas pembicaraannya.

  1. Conversational Still Translating

Pada level ini kamu sudah bisa berconversation atau berbincang dengan seseorang menggunakan bahasa Inggri, namun  kamu  belum lancar ketika berbicara. Kamu masih mentraslate didalam pikiranmu. Kamu masih berpikir keras untuk kalimat apa yang akan diucapkan.

  1. Speak And Understand Without Mental Effort

Ini level tingkatan terakhir “Speak And Understand Without Mental Effort”. Pada tingkatan ini kamu sudah bisa lancar berbicara bahasa Inggris dengan seseorang. Kamu  tidak perlu berpikir panjang untuk mengucapkan suatu kalimat bahasa inggris atau bisa dikatakan kamu sudah tidak mentranslate lagi di kepalamu.

Nah, untuk cara yang paling tepat  untuk mengetahui tingkat bahasa Inggrismu adalah dengan mengikuti tes penilaian yang dirancang dengan baik. Ada banyak tes yang dapat kamu pilih dengan mengikuti EF SET. Ini adalah awal yang baik untuk memulai. Kamu dapat menggunakan skor EF SET ini  sebagai sertifikasi tingkat bahasa Inggrismu pada CV dan di LinkedIn.

Saat ini  EF SET merupakan satu-satunya tes bahasa Inggris standar yang mengukur semua tingkat kecakapan secara akurat, mulai dari tingkat pemula hingga cakap, sesuai dengan standar Common European Framework of Reference (CEFR) yang telah diakui secara internasional. Tes bahasa Inggris standar lainnya dapat menilai beberapa tingkat kecakapan, namun bukan seluruh skala CEFR.  Menggunakan EF SET untuk memantau tingkat bahasa Inggrismu selama beberapa bulan atau tahun akan memberi kamu cara standar untuk mengevaluasi kemajuanmu sendiri.

Sertifikasi tingkat bahasa Inggris diperlukan karena sebagai syarat pendaftaran di banyak program universitas dan visa. Di dunia kerja meskipun jarang dijadikan sebagai persyaratan resmi, namun mencantumkan sertifikasi tingkat bahasa Inggris akan membuat kamu tampil lebih menonjol dibandingkan orang lain. Mengukur tingkat bahasa Inggris kamu secara akurat dan dapat memantau perubahan tingkat dari waktu ke waktu merupakan hal yang penting bagi setiap pelajar bahasa Inggris.

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>