Disuruh Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris? Ikuti Tips Sukses Presentasi Berbahasa Inggris Dibawah ini!

Zaman sekarang kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan baik di dunia akademik dan dunia kerja. Mungkin juga kamu menyadari hal ini. Semakin bertambah tahun semakin banyak orag yang berbondong-bondong belajar bahasa Inggris. Banyak juga lembaga kursus dimana-mana yang menyediakan program kursus bahasa Inggris. Bagi kamu para pekerja yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris akan mendapatkan nilai plus. Dan bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan dengan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki bisa jadi membantumu untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia untuk yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris. Zaman semakin lama semakin berkembang dengan berkembangkan teknologi.

 Selain itu, di era globalisasi ini perusahaan asing banyak membuka bisnis di Indonesia. Dengan bertebarannya perusahaan asing  tersebut, kebutuhan bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris pun semakin meningkat. Jika kamu berminat untuk bekerja di perusahaan asing tentu harus mempunyai kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan ini sangat dibutuhkan. Nah, salah satunya dibutuhkan saat melakukan presentasi bisnis memerlukan skill bahasa Inggris yang mumpuni. Bagi orang yang belum terbiasa berbicara bahasa Inggris mungkin akan mengangkap bahwa presentasi berbahasa Inggris tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan beberapa skil luntuk melakukannya dengan baik. Meski demikian, presentasi yang baik bukan berarti sulit untuk dipelajari. Sebelum mempelajari skill presentasi berbahasa Inggris, sebaiknya mengetahui bagaimana cara berpresentasi. Nah, berikut ini beberapa cara bagaimana berpresentasi dengan baik. 

  1. Sebelum Memulai Presentasi

Sebelum memulai presentasi, pastikan Anda menulis poin-poin penting yang akan dijelaskan di buku catatan kecil Anda. Hindari menggunakan kalimat yang panjang dan tidak mudah diingat, gunakan kalimat sederhana atau kata kunci untuk menjelaskan ide Anda.

  1. Saat Presentasi

Nah, ketika Anda sedang melakukan presentasi perhatikan intonasi dan volume suara Anda. Pastikan Anda berbicara dengan intonasi, volume, dan intonasi yang tepat. Jangan terbutru-buru ketika menyampaikan. Biasakan untuk memberi jeda singkat setelah Anda menyampaikan sebuah ide. Karena berbicara terlalu cepat akan menyebabkan klien atau rekan kerja tidak dapat memahami ide Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan kontak mata dengan menatap klien atau rekan kerja ketika berbicara. 

  1. Menyampaikan Presentasi Dengan Baik

Bagaimana cara menyamopaikan presentasi dengan baik? Agar Anda bisa menyampaikan presentasi dengan baik, Anda diharapkan untuk terus berlatih. Karena tidak ada keahlihan yang didapatkan dengan cara yang instan. Jika memungkinkan, rekam latihan presentasi dan minta rekan kerja untuk mendengarkan sambari memberi masukan kepada Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan body language.Gunakan ekspresi percaya diri dan  tetap tenang ketika presentasi.

  1. Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

Mungkin Anda berpikir bagaimana tips presentasi dengan berbahasa Inggris? Selain selain mempraktikkan tips di atas, ada beberapa hal yang mesti dipelajari untuk berpresentasi dengan bahasa Inggris.

Pertama,  sebelum memulai presentasi, sampaikan topik presentasi Anda dengan menggunakan kalimat pembuka

Contoh:

Today, I’m going to talk about…, The Main Focus of this presentation is….

Kedua,  susun presentasi Anda secara teratur dan jangan lupa gunakan kalimat penghubung untuk menghubungkan satu ide dengan ide lainnya

Contoh:

Firstly,

Secondly, Next, Finally, in conclusion…,

Terakhir, gunakan kata pembanding untuk membandingkan dua hal yang berbeda, Contoh:

 However, On the other hand, on the contrary… 

Okay, itulah beberapa tips untuk presentasi bahasa Inggris. Selamat mencoba! 

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>