Ingin Mendapatkan Skor IELTS Tinggi? Simak Empat Tips Untuk Menaikkan Skor  IELTS

Hai para pejuang beasiswa. Saat ini kita tak usah lagi bingung ingin kuliah ke luar negeri karena terkendala oleh biaya. Karena sudah ada fasilitas program beasiswa dari berbagai lembaga. Namun, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Salah satau syarat yang paling utama adalah mengikuti tes IELTS. The International English Language System atau IELTS adalah salah satu elemen yang sangat krusial dalam persiapanmu sebelum belajar ke luar negeri. Setiap mahasiswa internasional diwajibkan untuk mencapai skor tertentu atau biasa disebut dengan “band”. Tes ini sebagai bukti kemampuan Bahasa Inggris seseorang agar diterima di sebuah universitas. Jadi, jika Anda ingin belajar ke luar negeri harus segera mengikuti tes IELTS. Apakah Anda baru akan mengambil tes IELTS untuk pertama kali ataupun untuk kedua kalinya? Berrikut ini empat tips yang akan membantumu menaikkan “band” atau skormu dalam IELTS,  baca yuk!

  1. Perhatikan Dengan Soal Diagram Dengan Seksama (Listening)

Dalam soal IELTS ada berbagai macam model. Salah satunya soal diagram yang terdiri dari grafik garis, pie, bahkan peta geografi. Ini adalah jenis soal yang terdapat di bagian listening dalam tes IELTS. Setiap soal-soal yang dibuat pasti ada untuk tujuan tertentu. Untuk mengefektifkan waktu, jadi pastikan untuk membaca sekilas diagram tersebut sebelum waktu ujian dimulai. Misalnya cari tahu Apa judul dari diagram tersebut? Apa maksud dari nomor, garis, dan grafik batang yang tertera di sana? Pertanyaan detail ini akan membantumu menjawab bukan hanya satu jawaban, tapi beberapa jawaban. 

  1. Jangan Terlalu Fakus Pada Satu Soal Yang Sulit (Reading)

Waktu untuk mengerjakan IELTS tidak lama, ingat bahwa Anda  memiliki waktu yang sangat terbatas untuk membaca teks dan menjawab pertanyaan di soal reading. Maka dari itu, jangan terlalu terlena dan membaca tiap paragraf dengan detail. Anda bisa mendapatkan informasi yang paling penting dari sebuah paragraf panjang dengan membaca kalimat pertama paragraf (topik kalimat) tersebut dan di bagian kesimpulan. Baca topik kalimat tersebut dengan seksama dan beralihlah ke pertanyaan. Jika Anda sudah membaca topik kalimat, Anda akan mudah mencari paragraf dan mendapatkan jawaban yang tepat. 

  1. Jangan Takut Dengan Grammar (Writing)

Grammar menjadi hal yang menakutkan dalam bahasa Inggris. Bagi mereka yang belum percaya diri fengan kemampuan bahasa Inggris mereka pasti akan berpikir seperti ini. Jangan biarkan ketakutan pada grammar menghambatmu ketika menulis essay di bagian writing. Bisa jadi karena hal ini Anda akan kehabisan waktu tanpa menyelesaikan semuanya. Kalimat yang panjang akan mempengaruhi grammarmu. Jadi, untuk menghindari kesalahan, buat kalimatmu pendek dan tidak lebih dari 15-18 kalimat. Jangan lupa untuk menggunakan transisi dari satu kalimat ke kalimat lain dengan menggunakana linking words seperti however, for example, dan furthermore. 

  1. Jangan Jawab Dengan Pernyataan Khayalan (Speaking)

Biasanya kendala seseorang yang diuji speaking ketika berahadapan secara langsung, terkadang kita tidak bisa mengungkapkan sesuatu. Hal ini yang membuat para pengambil IELTS merasa kesulitan ketika melakukan tes speaking.  Strategi yang bisa membantumu menyelesaikan kesulitan ini adalah dengan menghubungkan pertanyaan dari penguji dengan pengalaman pribadimu. Ketika kamu bicara sesuatu yang dekat dengan kehidupanmu, kata-kata dan ide akan mengalir lebih mudah. Jangan mempersulit diri.

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>