Jadi Sebenarnya Lebih Penting Fluency Atau Accuracy Saat Belajar Bahasa Inggris?

Bagi mereka mengetahui pentingnya belajar bahasa Inggris pasti akan belajar bahasa internasional ini. Iya kan? Kamu yang sedang membaca artikel ini termasuk seseorang yang sedang berjuang belajar bahasa Inggris. Nah, ketika kalian akan belajar bahasa Inggris, apa yang lebih penting dari mempelajari bahasa asing itu? Fluency (kefasihan) atau ketepatan (accuracy)? Mungkin kamu belum bisa menjawabnya. Jawabannya mungkin tidak akan kamu dapatkan secara langsung, karena semua bergantung pada situasimu sebagai orang yang belajar Bahasa asing dan juga tujuan utamamu. Kira-kira apa jawaban yang tepat untukmu? Daripada penasaran,  yuk kita lihat dulu apa arti dari setiap skill dan apa yang kamu harus lakukan untuk menguasainya. 

  1. Fluency

Fluency merupakan alur dan efisiensi ketika kamu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris. Bagi seseorang yang belum mahir bahasa Inggris, beberapa kesalahan grammar akan muncul di sana sini ketika kamu menjelaskan sesuatu. Namun jika hal ini disampaikan dengan cara yang mudah dimengerti dan menunjukkan bahwa kamu nyaman berbicara Bahasa Inggris. 

Dalam dunia akademik atau yang lebih profesional, fluency adalah skill yang harus kamu fokuskan saat presentasi atau debat. Cara Anda untuk menjelaskan sebuah topik atau membuktikan salah satu pointdengan lancar, jelas, dan tepat tanpa banyak berhenti atau keragua. Hal ini merupakan hal yang sama pentingnya dengan isi presentasimu. 

Di luar dunia akademik atau profesional, fluency akan memudahkanmu dalam bersosialisasi dengan native speakers dan menghindari kesalahpahaman. 

Untuk meningkatkan fluency dalam Bahasa Inggris, Anda bisa berlatihlah setiap hari dan cobalah berkomunikasi dengan seseorang. Setelah itu, masukan kata atau frasa yang baru saja kamu pelajari.  Ingat, jangan sampai ketakutanmu pada kesalahan grammar menghalangimu.

  1. Accuracy

Accuracy adalah mendemonstrasikan kemampuanmu dalam menggunakan kosakata, grammar, penggunaan tanda baca dengan tepat, penggunaan bentuk kata kerja (past tense, present tense, dan lainnya), artikel (a, an, dan the) serta preposisi (in, on, from, at). Nah, semua kemampuan yang telah disebutkan ini sangat penting ketika mengikuti ujian tertulis di universitas seperti esai dan laporan. Tidsk hanya itu, hal ini juga sangat penting ketika berada di dunia kerja. Jika email dan laporan yang Anda buat berisi kesalahan grammar atau fungsi kalimat akan terlihat tidak profesional. Bagaimana? Sedih bukan? Nggak usah khawatir, Anda bisa meningkatkan skill accuracy dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Tapi jika hal ini memungkinkan untukmu, jangan khawatir. Selain mengikuti kursus Bahasa Inggris, salah satu cara yang mudah untuk meningkatkan accuracy dalam Bahasa Inggris adalah membaca berbagai materi Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Baca apa saja kira-kira? Anda bisa membaca bacaan apapun baik itu novel, buku non-fiksi, koran atau majalah, dan sebagainya. Karena membaca adalah salah satu cara yang mudah sekaligus efektif untuk menyerap berbagai grammar dan tenses. 

Setelah kita bahas fluency (kefasihan) atau ketepatan (accuracy) dalam bahasa Inggris,  jadi berada di situasi manakah Anda sekarang? Apa rencana yang akan Anda lakukan untuk meraihnya? Tentu saja, untuk menjadi seseorang yang mahir berbahasa Inggris, Anda harus belajar dan Anda harus memiliki kedua kemampuan tersebut. Tapi ini adalah sebuah proses pembelajaran yang membutuhkan waktu dan semangat yang tinggi. Tetap semangat untuk mengasah bahasa Inggris. Jangan menyerah !

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>