5 Tips Belajar Menulis Bahasa Inggris Untuk Pemula

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris pasti bertanya-tanya, bagaimana cara belajar menulis bahasa Inggris yang mahir? Kali ini kita akan  membahas 5 strategi yang telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis. Cara belajar menulis adalah praktek menulis.. Ya, sekali lagi, kamu harus praktek menulis.

Ingat, ketakutan itu hanya ada dalam pikiranmu. Kamu nggak perlu khawatir akan hal itu. Menulis dalam bahasa Inggris nggak seseram itu, asalkan tahu strategi atau smart ways to learn English writing. Artikel ini khusus untukmu yang sedang mencari cara efektif meningkatkan keterampilan menulis (Writing). Berikut ini 5 cara paling strategis agar mahir Writing dalam bahasa Inggris.

  1. Rencanakan semuanya dengan baik

Sebelum Anda memulai menulis, alangkah lebih baik meluangan beberapa waktu untuk mengatur semua hal yang diperlukan. Perencanaan ini akan membantu saat praktek writing nanti. Siapkan jadwal, pilih tempat, materi, kamus, buku, pulpen & alat-alat tulis lainnya sesuai kebutuhanmu.

Ketika kamu sudah mengatur jadwal terlebih dahulu, hal tersebut akan memberikan gambaran sekilas tentang hal-hal yang akan dilakukan. Jadwal ini tentu berisi waktu (hari, jam) serta kegiatan belajar writing dengan jelas & detail. Jangan lupakan tentukan tempat khusus yang membuatmu nyaman serta termotivasi untuk terus menggerakkan pena. Kamu juga bisa meletakkan foto penulis favoritmu, karya mereka atau apa saja membuatmu bersemangat mencapai tujuan yaitu mahir writing dalam bahasa Inggris.

  1. Perlu sebuah pengorbanan untuk bisa meraih impian

Coba tanyakan pada dirimu apa yang akan kamu berikan jika bisa mahir writing bahasa Inggris? Setelah itu, kuatkan impian untuk mahir berbahasa Inggris, terutama keterampilan menulis. Rencanakan berapa jam dalam sehari akan dikorbankan untuk belajar writing? Ketika  rasa malas dan bosan saat praktek menulis menghampiri, ingat kembali tentang pengorbanan lainnya yang bisa diberikan untuk meraih masa depan impian itu.

  1. Tulis apapun yang kamu dengar

Tulis apapun yang kamu dengar entah itu lagu, audio ataupun video Bahasa Inggris. Aktivitas ini mengasah 2 keterampilan listening dan writing. Bagi para pemula jika melakukan cara belajar strategis kalau langsung praktek tanpa tahu apa yang hendak ditulis kurang efektif. Karena kamu belum punya cukup knowledge alias pengetahuan. Knowledge  apa? Spelling, kosakata serta cara membuat kalimat sederhana. Tanpa ketiga hal ini, kamu masih tetap bisa praktek tapi bukan langsung menulis apa yang ada di kepalamu.

Trus, cara paling jitu itu gimana? Apa yang harus dilakukan untuk memulainya? Cara efektif belajar writing bahasa Inggris bagi pemula adalah dengan menulis apa yang didengar. Pilih lagu, audio atau video yang simpel.

  1. Belajar Writing Bahasa Inggris bisa dimulai dengan membuat kalimat sederhana. Fokus pada 3 sampai 5 tenses dulu. Jangan berambisi untuk menguasai semua tenses dalam waktu sekejap. Ingat, proses!

Setelah selesai mengecek tulisanmu dengan melihat lirik atau subtitle, jangan dibiarkan begitu saja ya. Kamu bisa menggunakannya untuk belajar tentang kalimat bahasa Inggris. Dengan langkah ini, secara nggak langsung juga mempelajari tentang tenses

  1. Menulis diary setiap hari dalam bahasa Inggris.

Menulis diary sebagai cara belajar Writing Bahasa Inggris. Coba tulis keluh kesahmu dalam bahasa Inggris. Coba jadikan menulis sebagai hobi. Setelah belajar tenses serta tahu cara membuat kalimat sederhana, saatnya kamu praktek.

Selain butuh pengorbanan, belajar writing bahasa Inggris itu butuh proses. Seperti halnya sebuah perjalanan mendaki gunung, kamu harus melewati medan panjang berliku dan terjal. Jika kamu terus berjalan dan tetap semangat, tentu kamu akan sampai di puncak. Keringat dan rasa lelahmu akan terbayar dengan kepuasan menikmati alam fenomenal. 

Jika kamu bertanya tentang tips sukses kepada orang-orang yang sudah sampai di level sukses, mungkin mereka akan berkata bahwa usaha dan doa adalah ramuan paling manjur untuk mencapai impian. Kamu perlu bekerja keras seperti mengorbankan waktu, tenaga dan biaya untuk melangkah ke tahap sukses. Tanpa pengorbanan, tak akan ada kata kesuksesan.

JIka kamu merasa membutuhkan bimbingan dan tips juga trik dalam menulis bahasa inggris kamu bisa memilih program kursus yang kami sediakan seperti :

Program Lancara Speaking 100 Hari

Program Mahir Menulis Bahasa Inggris 

Program Kursus Bahasa Inggris Murah Di Surabaya

 

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>