Kesuksesan bergantung pada kesiapan sebelumnya, dan tanpa persiapan tentunya hanya akan ada kegagalan. Konfisius, Filsus Tiongkok

Tidak ada yang instan di dunia ini, begitu pula untuk meriah skor TOEFL tinggi kamu perlu persiapan sebelum mengikuti tes. Nah, bagaimana tips agar persiapanmu matang dan raih skor TOEFL tinggi? Berikut ini tips jitu yang bisa kamu lakukan.

1. Ketahui Segalanya Tentang TOEFL

Jangan sekali-kali berani memutuskan untuk mengikuti tes TOEFL, jika  kamu  belum

mengetahui segala informasi tentang TOEFL.  Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah 

mencari segala informasi yang berkaitan dengan TOEFL sebanyak-banyaknya. Apa yang

perlu kamu ketahui?

  • Gambaran mengenai tes TOEFL
  • Materi apa saja yang diujikan

2. Jangan Bosan Latihan

Setelah kamu mengetahui segala informasi tentang TOEFL, saatnya kamu mulai berjuang.

Mulai dari mana berjuanganya ?

  • Menulis menggunakan bahasa Inggris
  • Mendengarkan percakapan bahasa Inggris
  • Berbicara sehari-hari menggunakan bahasa Inggris
  • Lakukan 3 hal ini secara konsisten

Selain 3 tips di atas, kamu juga bisa berlatih dengan menonton film tanpa menggunakan subtitle di YouTube atau Ted X. Setelah itu, coba kamu tulis ulang narasinya sesuai dengan kemampuanmu. Hal ini akan melatih kemampuan listeningmu. Sedangkan untuk mengasah kemampuan speaking kamu bisa bicara di depan cermin jika  tidak ada partner yang bisa diajak ngomong bahasa Inggris

3. Hilangkan Kebiasaan Menghapal Soal dan Jawaban

Kebiasaan anak zaman now yang suka instan. Jangan sekali-kali kamu lakukan ini pada saat latihan menjawab soal TOEFL. Kamu akan terjebak pada soal-soal TOEFL tersebut. Semakin bertambah tahun, soal-soal TOEFL akan terus berubah mengikuti zaman. Berhati-hatilah ketika mengerjakan soal. Ingat,  JANGAN MENGHAPAL!

#Tips Mengerjakan Tes TOEFL

For your information,  waktu untuk mengerjakan tes TOEFL  itu sangat terbatas, jadi kamu nggak boleh menyia-nyiakan waktu sedetikpun.

1.     Manjemen Waktu Saat Mengerjakan

Durasi untuk mengerjakan tes TOEFL adalah 4 jam. Setiap section mempunyai durasi yang berbeda. Alokasi waktu 60-100 menit untuk reading, 60-90 menit untuk listening, 20 menit untuk speaking, 50 menit untuk writing, dan 10 menit untuk istirahat.

Jangan sampai terjebak pada beberapa soal yang membuatmu berpikir lama, ini akan membuang waktumu. Jika kamu merasa kurang dalam speaking, maka perbanyaklah porsi latihan untuk speaking. Yang terakhir, bawalah jam tangan sebagai alarm.

2.     Kerjakan Soal Dengan Hati-Hati

Perhatikan baik-baik pertanyaannya yang tertulis di lembar soal, jangan sampai kamu ceroboh langsung menjawabnya. Yang perlu kamu perhatikan juga saat mengerjakan  listening section. Kerjakan setelah soal yang dibacakan hingga selesai.

3.     Jangan Biarkan Jawaban Ada Yang kosong

Tenang, tes TOEFL ini tidak seperti soal olimpiade jika salah akan diberikan nilai -1. Hanya jawaban yang diisi dan benar saja yang akan mendapatkan poin. Jika jawabanmu salah tidak akan mengurangi poin, jadi usahakan untuk mengisi semua jawaban meski sudah kepepet kamu harus ngasal memilih.

4.     Jangan Tegang

Kegagalan seseorang ketika mengikuti tes terkadang bukan karena tidak bisa mengerjakan soal, namun bersikap tetap tenang dalam mengerjakan tes. Ingat,  jangan tegang dan gugup selama mengikuti tes. Dengan pembawaan yang kalem dan tidak tegang akan membuat kita berpikir lebih jernih. 

5.      TOEFL Bukan Segalanya

Semuanya itu butuh proses. Jadi, kamu tidak perlu terlalu ambisius untuk mendapatkan skor TOEFL tinggi di tes pertama.  Bukan tidak mungkin. Namun, kamu butuh latihan dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Jika pada tes pertama kamu mendapatkan skor lebih rendah,  jangan putus asa!  Kamu sudah mempunyai pengalaman mengerjakan tes TOEFL. Ini akan menjadi  bekalmu untuk lebih mengikuti tes TOEFL selanjutnya, kan? Do your best! 

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>