Pengen Belajar Listening Bahasa Inggris Secara Otodidak? Simak 5 Tips ini!

Listening adalah salah satu kemampuan wajib yang harus dimiliki jika ingin mahir dalam bahasa Inggris. Belajar listening juga akan memberimu manfaat besar. Selain itu, keterampilan mendengarkan bisa dikatakan sebagai kunci dasar menguasai sebuah bahasa asing.

Nah, apa kamu pernah punya pengalaman buruk saat listening bahasa Inggris? Atau saat belajar listening, merasa seolah mendengar suara bising nggak jelas? Ternyata hampir semua orang belajar bahasa baru pernah mengalaminya.

Kenapa sih kita harus belajar mendengarkan teks dalam bahasa Inggris? Listening adalah salah satu keterampilan yang perlu ditaklukkan agar bisa lancar berbahasa Inggris. Tanpa punya kemampuan mendengarkan yang baik, keterampilan lain seperti speaking, reading, writing akan susah berkembang. Keterampilan ini sangat dibutuhkan terutama dalam dialog atau percakapan.

Lalu, bagaimana caranya agar keterampilan ini meningkat dan melesat cepat? Nah, kamu perlu tahu cara tepat agar bisa meningkatkan keterampilan dengan cepat. Berikut ini 5 tips listening bahasa Inggris untukmu.

  1. Tentukan arah dan tujuan belajar listening

Mungkin kamu akan mengira bahwa persiapan belajar listening bahasa Inggris hanya sebatas video dan materi. Namun kamu perlu menentukan arah dan tujuan agar bisa membuat learning goals untuk diri sendiri

Persiapan belajar mendengarkan biasanya identik dengan video atau audio. Ternyata ada hal utama perlu dipersiapkan sebelum mulai mendengarkan video atau audio bahasa Inggris. Apa itu? Arah dan tujuan. Ya, kamu perlu menentukan kemana arah belajar dan apa tujuan ingin dicapai.

Bayangkan liburan ke luar negeri dengan budget terbatas, tapi tanpa perencanaan yang jelas. Nggak tahu hal-hal penting seperti tempat tujuan, biaya, dan akomodasi. Kamu hanya bilang mau liburan ke luar negeri. Ke mana? Nggak tahu. Biayanya berapa? Nggak terpikirkan. Trus gimana nanti di sana? Oh, no idea…

Untuk itu, kamu perlu membuat arah dan tujuan belajar. Ini akan menuntunmu memilih materi sesuai dengan tujuanmu. Tujuan akan membuatmu semakin termotivasi. Dengan arah (kegiatan dan jadwal belajar) yang jelas, kamu akan tahu kapan tujuan (Learning Goals) akan tercapai. Jadi, persiapkan dengan baik ya.

  1. Kenali kemampuan kamu

Sebelum kamu memulai belajar, coba pilih materi sesuai dengan kemampuanmu. Kenapa? Agar  kamu makin termotivasi.

Setelah menentukan arah dan tujuan, carilah materi yang tepat untukmu. Masih ingung menentukan materi apa? Balik lagi ke poin pertama, apa kamu sudah menentukan arah dan tujuan? Jika belum, mulai dari sana dulu. Kalau sudah, ya pilih materi belajar listening sesuai dengan arah serta tujuanmu. Itu akan mempermudah pemilihan materi belajar yang tepat.

3.      Jadilah An Active Listener, bukan si Pasif.

Nah,  menjadi an active listener ini akan sangat membantumu makin jago listening.

Kira-kira kegiatan apa saja direncanakan untuk meningkatkan kemampuan listening? Mendengarkan lagu, video, audio, nonton acara TV dan film bahasa Inggris? Semua itu membuatmu jadi A Pasive Listener. Mengapa? Karena kamu hanya mendengarkan. Yap, hanya listening saja tanpa berinteraksi dengan si pembicara.

Adakah materi belajar bisa membantumu jadi An Active Listener? Nggak ada materi khusus, kamu hanya perlu keluar dan cari teman ngobrol. Ya, lakukan interaksi dengan orang-orang berbahasa Inggris. Ini akan membuatmu jadi an active listener karena mendengarkan secara langsung serta aktif memberi tanggapan atau jawaban.

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>