Membaca adalah aktivitas menyenangkan jika membaca buku favorit dalam bahasa yang dimengerti, bahasa Indonesia misalnya. Saat belajar reading dalam bahasa Inggris dan harus paham sebuah teks hampir 90% kata-katanya asing di matamu, bagaimana perasaanmu? Banyak orang suka bertanya, gimana sih caranya agar bisa membaca teks bahasa Inggris dengan lancar? Yuk simal 5 tips ini agar mahir Reading Bahasa

  1. Reading itu mudah

Tanamkan dalam pikiranmu bahwa belajar Reading Bahasa Inggris itu mudah. Karena motivasi ini sangat menentukan bagaimana mengakhiri apa yang sudah dimulai. Sebelum belajar  reading, apa yang kamu pikirkan tentang teks atau bacaan di hadapanmu? Pasti kamu akan menjawab gini, “ini teks membosankan. Aku nggak bakal ngerti dan nggak suka reading”

Apakah kamu termasuk golongan yang suka ngeluh karena materi belajar susah atau malah menyerah pasrah? Kalau kamu adalah salah satunya, jangan heran kalau perjalananmu menuju sukses berbahasa Inggris akan terasa tersiksa dan melelahkan

Lalu, gimana caranya biar bisa reading?  Positive Thinking! Apabila mikir untuk mahir reading itu hal menantang dan menyenangkan, perjalanan berliku saat belajar terasa seperti sebuah anugerah.

  1. Pilih bacaan yang tepat

Pilih bacaan yang tepat dan sesuai kemampuanmu. Jangan asal memilih materi belajar reading bahasa Inggris.  Nah, pilih buku yang tepat dan sesuai kemampuanmu.

Kok nggak boleh pilih bacaan advance? Kan biar cepat bisa. Kalau kamu adalah pemula, bacaan level tinggi bisa membuat stres dan malas baca buku Bahasa Inggris karena 90% kata-kata dalam bacaan advance nggak dimengerti. Masa mau buka kamus bahasa Inggris terus?

Lalu, bagaimana caranya memilih buku yang tepat untuk belajar reading? Tipsnya gini, baca dulu sekilas. Baca judul, subpoint atau halaman pertama dengan cepat. Jika nangkap maksud isinya, berarti buku/bacaan itu pas untukmu. Jika nggak, ya masukkan dalam waiting list aja. Siapa tahu nanti memerlukannya.

3.      Tentukan tempat dan waktu khusus

Setelah memilih buku yang tepat, rahasia yang tak boleh dilewatkan adalah memilih tempat dan waktu khusus. Pilih tempat dan tentukan waktu khusus untuk belajar reading bahasa Inggris. Pastikan kamu bisa fokus serta tidak akan diganggu. Buatlah jadwal reading teks Bahasa Inggris kemudian tentukan di mana kamu akan melakukannya. Misalnya jadwal 30 menit sampai 1 jam. Nggak perlu lama, yang penting secara konsisten daripada menjadwalkan 2 jam membaca tapi bolong-bolong. Lebih baik 0 menit tapi dilakukan sesuai jadwal.

Pilih tempat yang tidak bising dan membuatmu kurang berkonsentrasi. Karena tempat nyaman serta jauh dari suara-suara gaduh akan membantu menjaga konsentrasimu agar lebih fokus saat belajar membaca. Selain itu, kamu juga bisa memutar musik yang cocok untuk reading dan matikan notifikasi media sosialmu seperti BBM, WA, Instagram, FB, Twitter saat belajar reading

4.      Gunakan teknik skimming

Coba gunakan teknik skimming sebelum dan sesudah belajar reading Bahasa Inggris. Karena kamu akan paham tentang apa bacaan itu dengan cepat. Pernah mendengar tentang 2 teknik reading, skimming & scanning? Kedua teknik ini memiliki kesamaan membaca dengan cepat. Namun tujuannya berbeda. Skimming dilakukan untuk memahami makna secara keseluruhan, sedangkan scanning untuk mencari informasi spesifik misalnya nama, tanggal, tempat, dll.

Apabila kamu membaca sebuah teks dalam bahasa Inggris jumlahnya beberapa halaman, kamu bisa melakukan skimming dengan membaca judul, subpoin dan paragraf pertama untuk mendapatkan ide utama dari teks tersebut. Namun, jika yang dibaca adalah sebuah buku bahasa Inggris, coba teknik skimming pada ringkasan.

 

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>