Sudah Tahu Perbedaan Mr dan Sir dalam Bahasa Inggris? Baca Ini Yuk!

Pernah dengar panggilan Mr dan Sir? Ya, itu salah satu contoh panggilan dalam bahasa Inggris. Mengetahui panggilan seseorang dalam bahasa Inggris itu sangat penting baik dalam pertemuan formal maupun informal. Misalnya mengenal perbedaan panggilan Mr dan Sir dalam Bahasa inggris.

 Dalam sebuah percakapan, kita tidak hanya mengingat nama, namun juga memperhatikan  cara memanggil. Maksud kamu agar lebih akrab, tapi bisa  jadi diartikan dengan yang lain lain atau bisa jadi dianggap tidak sopan. Ada banyak contoh panggilan dalam bahasa Indonesia yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya mbak, mas, dek, pak, bu, kak, bang, om dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana panggilan dalam Bahasa inggris? Ada banyak panggilan yang berbeda-beda tergantung gender dari lawan bicaramu. Misalnya yang paling sering ditemui yang berbeda dalam menyapa seorang pria dewasa. Panggilan Mr dan Sir dalam bahasa inggris ini mempunyai perbedaan. Karena kedua panggilan ini bisa memiliki konotasi yang berbeda pula dalam hal posisi seseorang. Berikut ini poin-poin yang membedakan  panggilan Mr dan Sir dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui.

  1. Apa sih Mr itu ?

Panggilan Mr digunkana ketika kamu ingin menyapa seorang pria yang lebih tua atau lebih dewasa. Biasanya panggilan Mr diikuti oleh nama belakang keluarga dari pemilik nama tersebut. Kamu juga dapat menggunakan panggilan Mr untuk menghormati sosok yang dianggap lebih berpengalaman atau lebih tua. Misalnya dosen, tokoh masyarakat, profesor, guru dan tokoh yang kamu hormati lainnya.

Contoh:

  • Dear Mr Zulvia, hereby I notify you that you are accepted to the position of HR staff. (Kepada pak Zulvia, berikut saya memberi tahu bahwa anda telah diterima dalam mengisi posisi staf HR)
  • We will meet Mr Joko at the park this morning (kita akan bertemu dengan mr Joko pagi ini di taman.
  • She send her best regard to Mr Purnomo (Dia menyampaikan salah terhormat darinya untuk pak Purnomo)
  • I will talk about this issue to Mr Alex tonight (saya akan membicarakan tentang masalah ini dengan mr Alex malam ini).
  1. Apa sih Sir itu?

Kata Sir mempunyai makna sama dengan Mr, tapi biasanya sesorang menggunakan sapaan sir kepada  laki-laki dewasa yang tidak begitu dekat. Jadi, pemggunaan sapaan Sir ini digunakan sebagai panggilan tanpa nama. Penggunaan kata sapa “sir” juga biasanya digunakan dalam konteks percakapan formal untuk menyapa pelanggan dalam hal penyediaan jasa. Seorang pelayan tidak mengetahui nama pelanggan laki-laki biasanya menggunakan sapaan “sir” untuk menunjukkan rasa hormat. Lalu, bagaimana contoh penggunaan panggilan sir dalam Bahasa inggris?

Contoh penggunaan kata sapa sir dalam Bahasa inggris berikut

  • This card is for you to enter your room, sir (kartu ini untuk mu masuk ke ruangan Anda, tuan.)
  • What I can I do for you, sir? (apa yang bisa saya lakukan untuk mu, tuan?)
  • What would you like to order, sir? (apa yang hendak kamu pesan, tuan?)

Jadi, sekarang kamu sudah mengerti  perbedaan panggilan Mr dan Sir dalam Bahasa inggris, kan? Jangan sampai kamu salah menyapa seseorang padahal dengan baik, eh malah berujung petaka hanya karena kamu salah memanggilnya.

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>