Bahasa Inggris atau English adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada abad pertengahan awal. Bahasa ini menjadi bahasa internasional yang saat ini paling sering digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Bahasa Inggris pertama kali diucapkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai belahan dunia seperti Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru dan sejumlah negara Karibia. Yang paling menakjubkan, bahasa Inggris telah menjadi bahasa resmi hampir 60 negara berdaulat.

Yang perlu kamu tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa ibu ketiga yang paling banyak diucapkan di seluruh dunia setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Namun, bahasa Inggris juga menjadi bahasa kedua dan bahasa resmi Uni Eropa, negara persemakmuran dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),  dan berbagai organisasi yang lainnya. 

Tak hanya menjadi bahasa internasional, bahasa Inggris juga mempunyai posisi penting dalam dunia akademik dan dunia pekerjaan. Tidak sedikit mahasiswa yang mendapatkan beasiswa  untuk menlajutkan studi ke luar negeri dan bahkan juga mendapatkan  tawaran bekerja di luar negeri. Faktor yang melatarbelakang hal ini tentu salah satunya karena keterampilan dalam berbahasa inggris.

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Maka dari itu, mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang bagus adalah hal mutlak yang harus kamu perjuangkan. Kemampuan bahasa ini juga demi masa depan karirmu. Ada kaitan erat antara bahasa inggris dan dunia kerja. Yang perlu menjadi catatan nih, seorang pelamar pekerjaan seringkali mudah diterima pekerjaan tersebut  karena memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Nah, menarik bukan? Selain itu, tawaran pekerjaan untuk seseorang yang memiliki kemampuan bahasa inggris pun lebih menjanjikan.

Bahasa Inggris dalam dunia kerja sebenarnya tak hanya menjadi sebuah kebutuhan, tetapi telah menjadi suatu keharusan. Mengusai bahasa inggris akan menjadi nilai tambah dari seorang pekerja.

Contoh:

  1. Dalam dunia jurnalistik. Misalnya seorang wartawan sangat perlu menguasai bahasa inggris. Karena dia akan bisa menulis berita dalam bahasa inggris dan berita tersebut dapat diakses secara luas.
  2. Dalam dunia pemerintah. Misalnya seorang pegawai di sektor humas jika bisa mempunyai keterampilan bahasa inggris akan mampu berkomunikasi dengan baik. Hal ini tentu akan memberi pencitraan yang baik untuk perusahaannya. Jadi jangan heran jika pada akhirnya beberapa perusahaan saat ini menambahkan syarat lulus TOEFL dengan skor tertentu dicantumkan dalam syarat pendaftaran kerja. Jadi kesimpulannya, bahasa inggris dan dunia kerja merupakan satu paket yang tidak terpisahkan.
  3. Dalam dunia bisnis. Jika kamu mempunyai bisnis sendiri. Keterampilan menguasai bahasa inggrismu dapat pula kamu manfaatkan untuk memperluas relasi. Misalnya kamu mempunyai bisnis dalam bidang fashion. Tidak menutup kemungkinan produk yang kamu jual akan menarik minat dari warna negara Nah, agar transaksi bisnis kamu sukses tentu kamu membutuhkan kemampuan berbahasa inggris yang baik. Jika transaksi berjalan lancar, maka omset kamu juga akan lancar. Hal ini adalah contoh nyata hubungan penting bahasa inggris dan dunia kerja.
  4. Dalam dunia pendidikan. Misalnya jika kamu adalah seorang pengajar lulusan bahasa asing. Kamu bisa menjadi pengajar bahasa asing baik menjadi seorang guru, dosen, instruktur kursus, atau Quipperian. Nah, kamu bukan hanya mengajar bahasa asing untuk orang Indonesia lho, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mendalami bahasa Indonesia. menarik, bukan?

 

 

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>