1. Editor / Penyunting Bahasa

Di zaman yang modern ini semakin berkembangnya industri media cetak dan digital. Kebutuhan profesi  penulis dan editor juga akan bertambah setiap waktu. Selain itu,  banyak stok  naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Jadi, lulusan dari jurusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki peluang untuk menadapatkan pekerjaan ini.

  1. Penulis

Kamu suka bermain dengan kata-kata? Bagi kamu yang  lulusan sastra atau bahasa asing pun bisa berpeluang menjadi penulis lho! Penulis yang akan terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan baik  karya fiksi dan non-fiksi. Selain itu, banyak media baru yang  membuka kesempatan untuk para penulis seperti copywriter maupun content writer, Quipperian.

  1. Sastrawan

Menjadi seorang sastrawan merupakan salah satu profesi yang paling sesuai dengan jurusan sastra. Sebenarnya,  jika kamu kuliah di jurusan sastra pasti akan akrab dengan sastra. Walaupun hal ini tak berlaku secara mutlak untuk semuanya. Jika kamu ingin menjadi seorang sastrawan, kamu bisa memilih untuk menjadi  beberapa profesi seperti seorang novelis, cerpenis, , kritikus, dll.

  1. Penerjemah

Pasti lulusan sastra atau bahasa asing sudah mendapatkan matakuliah translation. Kamu juga mempunyai kesempatan untuk terjun  ke dunia translation baik dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Menariknya, mahasiswa bahasa asing seringkali menjadi ‘kamus berjalan’ oleh teman-teman jurusan lain.

  1. Ahli Bahasa

Bagi kamu jurusan sastra Inggris juga mempunya kesempatan menjadi seorang ahli bahasa, terutama bagi kamu yang sewaktu kuliah yang mengambil konsentrasi linguistik. Karena tugas seorang ahli bahasa membuat logika pembentukan kata di dalam suatu bahasa, meneliti interaksi unsur bahasa, dan meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.

  1. Asisten Editorial

Saat ini telah berkembang dunia penerbitan digital yang semakin meningkat. Hal ini akan memberikan kesempatan untuk kamu  berkarir di perusahaan publikasi online  karena kebutuhannya yang semakin meningkat. Hal ini adalah  peluang bagi kamu lulusan sastra untuk menjadi asisten editorial. Tugasnya adalah mendukung para staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.

  1. Pemandu Wisata/Tour Guide

Bagi kamu lulusan sastra asing yang mempunyai hobi travelling bisa nih menjadi tour guide. Selain bisa menjalankan hobi kamu juga bisa mendapatkan uang. Tour guide adalah salah satu bidang yang cukup menjanjikan.  Profesi ini hanya membutuhkan skill interaksi bahasa yang bagus.  Tour guide akan berkomunikasi dengan para turis baik lokal atau mancanegara.

  1. Karyawan Perusahaan Multinasional

Kamu ingin kerja di perusahaan besar? Bisa banget! Lulusan bahasa asing fleksibel bisa bekerja di perusahaan multinasional mana saja. Karena apapun posisi pekerjaan di dalam perusahaan baik sebagai manajer, direktur, maupun staf akan membutuhkan kemampuan dalam berbahasa Inggris yang baik. Kamu tinggal pilih mau menempati posisi yang mana. Enak kan?

  1. Public Relations

Bagi kamu yang suka berkomunikasi dan lulusan bahasa asing yang berpeluang menjadi public relation. Tidak sedikit dari lulusan sastra asing yang telah berkerja di bidang ini. Bidang ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan untuk klien dan  mempengaruhi opini publik

Nah, dari beberapa peluang  kerja di atas bisa menjadi alternatif kamu untuk masa depan karirmu. Tapi untuk bisa menjadi profesi di atas, kamu harus  mempunyai penguasaan skill bahasa asing yang baik.

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>