tafenglish akan menyebutkan jenis-jenis beasiswa yang dibedakan menurut sumber penyedia beasiswa.

JENIS-JENIS BEASISWA YANG WAJIB KAMU KETAHUI!

1. PUBLIC OR GOVERNMENT SCHOLARSHIP

Pada umumnya, beasiswa jenis ini diberikan oleh pihak organisasi publik, misalnya oleh pemerintah, departemen, atau lembaga. Ada juga lembaga tertentu yang mempunyai bagian pendidikan dan pelatihan dan mengelola skema beasiswa yang diberikan kepada karyawan dalam departemen tersebut dan kepada karyawan dari departemen lain.

Sebagai contoh, beasiswa yang ditawarkan oleh BAPPENAS biasanya tidak hanya ditujukan bagi karyawan di lingkungan BAPPENAS saja, sehingga karyawan di luar departemen/lembaga tersebut juga dapat mendaftar.

2. PRIVATE SCHOLARSHIPS

Beasiswa jenis ini biasanya diadakan oleh lembaga/institusi swasta seperti perusahan-perusahaan besar (korporasi). Beberapa contoh beasiswa dari organisasi privat di Indonesia yang peduli dengan dunia pendidikan dan memberikan beasiswa S1, S2, dan S3 adalah Sampoerna Foundation, The Ford Foundation, Shell, Djarum, dan sebagainya. Untuk jenis beasiswa tersebut, biasanya lebih difokuskan pada jenis bidang studi yang erat kaitannya dengan bidang industri yang digeluti oleh perusahaan tersebut.

3. NEGARA MAJU dan DONOR INTERNASIONAL

Di era globalisasi seperti saat ini, banyak negara maju dan lembaga-lembaga donor internasional yang memberikan tawaran beasiswa kepada Indonesia. Hal ini bertujuan agar kerjasama antara Indonesia dengan mereka menjadi lebih efektif dan kondusif.

Beberapa contoh dari beasiswa jenis ini adalah :
– Beasiswa Australia Awards dari Pemerintah Australia,
– Beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris yang dikelola oleh British Council,
– Beasiswa Fulbright dari pemerintah Amerika Serikat yang dikelola oleh AMINEF,
– Beasiswa StuNed, Orange Tulip Scholarship, Holland Scholarship untuk melanjutkan kuliah di Belanda,
– Beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang,
– Beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan,
– kerjasama ADB-Japan Scholarship,
– beasiswa World Bank,
– dan sebagainya.

Misalnya, beasiswa Fullbright yang dikelola oleh AMINEF (America Indonesia Exchange Foundation) mendapatkan pendanaan penuh dari pemerintah Amerika Serikat untuk menyediakan beasiswa sekaligus membangun pusat-pusat penelitian pada negara-negara berkembang. Hingga saat ini, Fullbright Program telah memberikan lebih dari 120 beasiswa untuk belajar-mengajar, juga melakukan penelitian di berbagai disiplin ilmu dengan cakupan pembiayaan meliputi biaya kuliah, biaya tunjangan buku, uang saku per bulan, biaya perjalanan, dan asuransi kesehatan.

4. COMMUNITY ORGANIZATIONS atau YAYASAN

Jenis beasiswa ini biasanya ditawarkan dari komunitas atau yayasan tertentu, baik yang bersifat akademik, organisasi sosial, maupun keagamaan.

5. UNIVERSITY SCHOLARSHIPS

Pemberian beasiswa dari pihak universitas ada bermacam-macam. Ada yang mengusung skema Major-Specific Awards, dalam artian beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademis dalam jenis bidang studi tertentu. Biasanya, untuk jenis skema pembiayaan ini akan diberikan kepada mahasiswa lokal dan juga internasional. Selain itu terdapat juga skema Fellowships, dalam artian beasiswa yang diberikan dalam bentuk bantuan keuangan untuk melakukan penelitian dalam universitas serta dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Untuk mendapatkan beasiswa jenis ini, sebaiknya kamu memperhatikan apakah universitas tersebut mempunyai bidang penelitian sesuai dengan bidang yang kamu lakukan. Di samping dua skema di atas, pihak universitas juga ada yang menyediakan skema Athletic Scholarships. Beasiswa jenis ini biasanya diberikan pada seorang atlet yang berniat untuk menekuni bidang tersebut.

sumber: https://indbeasiswa.com

Share with:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>